Diagnosis Penyakit ADHD

TERKAIT ADHD:

Tidak semua anak yang sulit konsentrasi dan hiperaktif pasti menderita ADHD. Anak-anak yang sehat umumnya sangat aktif dan sering membuat orang tuanya kewalahan. Remaja juga demikian. Walau terlihat seperti tidak mendengarkan pembicaraan, berperilaku impulsif, serta perhatian mereka cenderung mudah teralihkan, mereka belum tentu mengidap ADHD.
Oleh sebab itu, diagnosis ADHD membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak. Sejumlah pemeriksaan fisik serta psikologis dari dokter anak dan ahli psikiatri akan dijalani. Selain keluarga, pihak sekolah khususnya guru juga sebaiknya terlibat dalam proses ini.
Sedangkan proses diagnosis pada penderita ADHD dewasa tergolong sulit. Diagnosis ADHD biasanya hanya bisa dipastikan jika penderita sudah mengalami gejala-gejala ADHD sejak masa kanak-kanak.
Dokter dan ahli psikiatri juga akan melibatkan keluarga (khususnya orang tua), guru, serta kenalan pasien untuk menanyakan perilaku pasien saat masih anak-anak. Menurut para ahli, pasien tidak dianggap menderita ADHD jika gejala-gejala tersebut tidak dialaminya sejak masa kanak-kanak.

Previous
Next Post »