Aplikasi Anak Mengenali Anggota Badan

Mempunyai anak merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi banyak orang tua, terutama saat melihat perkembangan diri anak mulai dari usia dini. Di sisi lain, orang tua juga mengalami banyak tantangan dalam proses pendidikan anak mereka. Selain pengetahuan kognitif seperti pengenalan huruf dan angka, anak-anak juga perlu untuk mulai mengenali anggota tubuh mereka dari usia dini.
Mulai usia 12 bulan, anak-anak sudah bisa diajarkan untuk mengenali beberapa anggota tubuh dasar, seperti mata, telinga, mulut dan hidung. Ketika mereka memasuki usia 18 bulan, semakin banyak anggota tubuh yang mereka dapat kenali, seperti kepala, rambut, bahu, lutut, tangan dan kaki. Dan saat mereka mencapai usia 2-3 tahun, mereka sudah mulai bisa dilatih untuk menggunakan toilet dengan baik.
Selain melalui pengajaran yang bersifat langsung, anak-anak juga dapat diajar untuk mengenal lebih banyak anggota tubuh mereka saat mereka sakit. Salah satu cara komunikasi yang paling mudah adalah saat sang anak diminta untuk menunjukkan bagian tubuh mana yang sakit. Selain itu, mereka juga dapat diperkenalkan pada fungsi seorang dokter serta obat yang harus mereka minum. Anak usia dini memang cukup rentan sakit karena daya tahan tubuh yang masih lemah, akan tetapi orang tua yang bijak tentu mampu untuk membalikkan keadaan yang tidak mengenakkan tersebut menjadi permainan pengenalan anggota tubuh yang dapat menghibur anak yang sedang sakit.
Untungnya saat ini orang tua juga dapat dibantu oleh banyaknya jumlah dan ragam aplikasi iPad yang dapat membantu anak mengenali anggota tubuh mereka. Hari ini, saya akan coba mengulas secara singkat dua aplikasi yang sangat kreatif dan berkualitas dalam membantu anak untuk mengenali anggota tubuh maupun organ dalam mereka, serta melatih dasar-dasar kebersihan diri dan penggunaan toilet yang baik.

Toca Doctor HD

Saat bermain dengan aplikasi ini, anak Anda akan berperan sebagai seorang dokter yang mencoba merawat pasien yang hadir. Setiap pasien yang hadir mempunyai empat permasalahan yang cukup beragam, mulai dari luka di kulit mereka, sakit gigi, sampai pada masalah dengan pendengaran mereka.
Toca Doctor HD
Toca Doctor HD
Melalui permainan yang sederhana, anak mulai diperkenalkan pada pemecahan masalah yang terdiri dari beberapa langkah. Dengan sedikit pendampingan, orang tua dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memperkenalkan berbagai anggota tubuh maupun organ dalam kepada anak-anak. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini dapat menginspirasi anak Anda untuk berkeinginan menjadi seorang dokter nantinya.
Paling tidak, dengan bermain sebagai seorang dokter dan merasakan beberapa kesuksesan kecil saat berhasil merawat pasien-pasien yang hadir, anak Anda dapat lebih memahami peran dokter, dan tidak lagi segan untuk diajak pergi menemui dokter.
Download Toca Doctor HD · Harga: 39000

Pepi Bath

Kesehatan tidak jauh dari kebersihan diri, sehingga banyak orang tua yang berpendapat bahwa dengan mengajarkan kebersihan diri secara dini kepada anak mereka, itu merupakan salah satu investasi yang dapat berbuah pada pencegahan penyakit pada anak. Aplikasi Pepi Bath merupakan aplikasi yang mengumpulkan empat kegiatan sehari-hari yang dapat memperkenalkan anak pada praktek hidup bersih dan sehat sejak dini.
Pepi Bath
Pepi Bath
Beberapa kegiatan tersebut adalah memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci, menyisir rambut, mencuci tangan dengan sabun, serta menggosok gigi. Selain itu, anak Anda juga akan diperkenalkan cara menggunakan toilet dengan baik, mandi di bak mandi, mencuci rambut dengan shampoo, serta menggosok kaki mereka sampai bersih saat mereka mandi.
Selain mengenali anggota tubuh dasar seperti tangan, kaki, rambut dan gigi, mereka juga dapat belajar praktek-praktek dasar hidup bersih dan sehat. Aplikasi ini juga menawarkan dua pilihan model: anak laki-laki dan anak perempuan, sehingga aplikasi ini tepat untuk digunakan oleh semua keluarga.
Download Pepi Bath · Harga: 23000

Kesimpulan

Saya berharap kedua aplikasi ini dapat membantu Anda sebagai orang tua untuk memperkenalkan anggota tubuh, organ dalam, serta praktek hidup bersih dan sehat kepada anak-anak Anda sejak usia dini.
Previous
Next Post »